Kamis, 20 September 2012

Trik Sederhana Menyembunyikan File Apa Saja

ulisan sebelumnya telah dibahas bermacam-macam cara untuk menyembunyikan file di komputer anda dari pengguna lain. Beberapa artikel sebelumnya antara lain:

Pada trik yang akan dibahas pada tulisan ini juga memiliki fungsi yang hampir sama namun lebih ditujukan kepada file-file yang bersifat lebih personal dan satuan. Trik ini dapat bekerja 100% menyembunyikan file apa saja dengan cara menyamarkan file  tersebut sehingga seolah terlihat seperti file kosong / rusak! :-)

Trik Sederhana Menyembunyikan File Apa Saja

Menyembunyikan FilePada setiap file di Windows, hampir semuanya memiliki format tersendiri, seperti JPG, BMP, PNG, 3GP, AVI, RAR, ZIP, PSD, AI, dan banyak lagi yang diperkirakan mencapai ribuan hingga puluhan ribu format file yang dikenal pada komputer. Pada umumnya setiap file di komputer dapat dikenali dengan nama file berikut ekstensi file yang bersangkutan pada akhirannya, misalnya: gambarku.Jpg, Videolucu.3gp, youtubeku.flv, desainrumah.max, kompilasi.rar dll.
Terdapat banyak sekali software yang bertujuan untuk memproteksi / menyembunyikan file anda dari akses orang lain yang menggunakan komputer anda, namun sesungguhnya terdapat sebuah Trik Sederhana Menyembunyikan File Apa Saja dikomputer anda dengan hanya menghilangkan format ekstensi file yang bersangkutan.
Bila anda ragu, cobalah membuka salah satu file foto, video, doc, file kerja atau apapun itu lalu rename file tersebut dengan menekan F2 pada keyboard atau klik kanan > Rename. Kemudian hilangkan ekstensi file .jpg  .flv dll. Lalu tekan Enter untuk memproses. Bila terdapat pesan muncul pada layar, klik Ok saja.
Kini ikon file tersebut telah berubah menjadi putih kosong seperti file yang tidak dikenali. File tersebut tidak akan dapat dibuka oleh pengguna lain termasuk anda kecuali anda mengetikkan kembali format ekstensi pada file tersebut pada akhiran nama file seperti sedia kala.
Dengan trik ini, tentunya anda tidak usah khawatir bila orang lain membuka file-file pribadi anda karena pada umumnya orang lain akan menganggap file tersebut adalah file rusak

0 komentar:

Posting Komentar