Kamis, 20 September 2012

Cara Convert PDF ke JPG

PDF (Portable Document Format) adalah format yang dikenal luas sebagai dokumen yang dapat menyertakan teks, script, gambar kedalam satu file berbentuk e-book. Format yang diciptakan oleh John Warnock pada tahun 1991 itu kini telah menjadi format standar sebuah e-book, panduan, tutorial dsb.

Disamping kepraktisan dari format PDF, pengguna komputer pada umumnya cukup kesulitan ketika hendak mengambil atau memisah halaman tertentu pada dokumen PDF. Berbeda dengan halnya dokumen pada Microsoft Office yang sangat mudah mengambil/memisah halaman yang diinginkan.

Cara Convert PDF ke JPG Dengan Photoshop

Selain berfungsi sebagai software grafis dan photo editing, Adobe Photoshop juga dapat digunakan untuk Convert PDF ke JPG.
  1. Buka program Adobe Photoshop anda
  2. Lalu klik file > open
  3. Setelah itu akan tampak berupa tampilan kecil (thumbnail) halaman PDF yang ingin anda buka. Pilihlah halaman yang ingin anda ambil lalu klik open.
  4. Setelah dokumen terbuka, anda dapat langsung menyimpannya sebagai JPG, dsb.

Cara Convert PDF ke JPG Dengan Virtual ImagePrinter Driver

Selain menggunakan Adobe Photoshop, terdapat banyak sekali software lainnya yang dapat meng convert PDF ke JPG seperti Adobe Illustrator, CorelDRAW, dll. Namun pada cara kedua ini akan membahas Cara Convert PDF ke JPG dengan menggunakan software gratisan yang ringan penggunaan memori, yaitu ImagePrinter.
ImagePrinter berbentuk sebuah plugin kecil yang terletak pada File > Print. Meskipun bernama ImagePrint, file PDF yang dirubah ke format JPG tidaklah benar-benar dicetak (print) melainkan file yang telah di Convert akan disimpan kedalam satu folder.
Untuk lebih jelasnya anda dapat mendownload ImagePrinter pada situs resmi mereka disini.
  1. Setelah menginstal software tersebut, bukalah file PDF yang ingin anda simpan menjadi JPG. Lalu tekan File > Print
  2. Setelah itu pilih ImagePrinter pada bagian kotak dropdown seperti tampak gambar dibawah (no.1)
  3. Setelah itu klik Ok dan Print untuk meng Convert PDF ke JPG. Hasil file dari convert akan disimpan pada folder output yang telah anda tentukan sebelumnya. (pada gambar no.2) Menu settingan tersebut dapat diakses melalui Start Menu
    Cara Convert PDF ke JPG
Demikianlah informasi mengenai Cara Convert PDF ke JPG. Semoga bermanfaat :-)
Artikel lainnya mengenai:
Tips Windows Sederhana Untuk Mempercepat Kerja Anda
Monitor Komputer – 3 Cara Sederhana Merawat Monitor Komputer

1 komentar: