Kamis, 20 September 2012

Sejarah Youtube & Fakta Dibalik Youtube

Sejarah Youtube – Awal Berdiri

Sejarah Youtube
Youtube adalah situs sharing video yang pada awalnya diciptakan pada tahun 2005 sebagai wadah bagi pengguna untuk meng upload dan membagikan video. Situs ini didirikan oleh Chad Hurley, Jawed Karim dan Steve Chen yang ketiganya pernah bekerja di situs besar PayPal. Ketiganya mempunyai background atau bidang pada dunia komputer dan science di amerika.
Nama domain Youtube sendiri pertama kali diaktifkan bertepatan pada hari valentine tahun 2005 yang baru dapat dirampungkan dalam beberapa bulan berikutnya. Situs Youtube pertama kali mulai dipromosikan kepada publik pada bulan Mei 2005 atau tepatnya 6 bulan sebelum youtube memulai debut pertama mereka secara resmi.
Pada awal berdiri, tempat beroperasi atau kantor pertama Youtube “hanyalah” didalam sebuah garasi. Dalam rentang waktu kurang dari satu tahun, beberapa perusahaan seperti Sequiola Capital dan Artis Capital Management bergabung dengan youtube serta mengalokasikan dana  sekitar 11.5 juta USD yang merupakan gabungan dari keduanya. Secara bersamaan kemudian, Roelof Botha sahabat dari ketiga pendiri sekaligus pemilik dari PayPal ikut bergabung kedalam proyek youtube tersebut.
Sejarah Youtube - Kantor Pertama
kantor youtube pertama

Sejarah Youtube – Awal Kesuksesan

Situs video youtube berhasil meraih jumlah kunjungan yang sangat besar dari pengguna diinternet. Bahkan dalam waktu yang relatif singkat berhasil mencapai peringkat 5 besar Alexa (situs peringkat website independen) serta mengalahkan situs MySpace yang merupakan situs social networking terbesar di Amerika saat itu. Berdasarkan data statistik yang dikumpulkan oleh Nielsen/Net pada bulan Juli 2006, telah terdapat lebih dari 100 juta view dari jumlah total keseluruhan video klip di youtube dengan rata-rata 65.000 video baru yang ditambahkan setiap 24 jam! serta dengan kunjungan mencapai 20 juta visitor / bulan. 44% diantaranya adalah perempuan dan 56% adalah pria dengan dominasi pengunjung adalah berusia sekitar 12 – 17 tahun.
Hal tersebut membuat situs youtube menjadi situs video sharing yang paling mendominasi pada saat itu. Menurut situs hitwise.com, Youtube telah mendominasi sekitar 64% dari pangsa pasar video diinternet untuk seluruh wilayah UK.

Sejarah Youtube – Google Membeli Youtube!

Kesuksesan yang luar biasa tersebut rupanya menggoda perusahaan raksasa internet Google untuk membeli Youtube. Pada tanggal 9 Oktober 2006, secara resmi Google mengambil alih (membeli) situs youtube tersebut dengan harga sebesar 1.65 miliar USD! Pembelian tersebut harus melewati perjanjian antara Google dengan youtube dimana youtube menawarkan beberapa persetujuan / persyaratan agar terbebas dari segala tuntutan hukum yang berkaitan dengan pelanggaran hak cipta, penggandaan dsb. Hal tersebut diajukan mengingat youtube adalah situs video sharing yang semuanya berasal dari pengguna.
Pada akhirnya perusahaan youtube dibawah ketiga pendiri mereka yaitu Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim berikut ke-67 karyawan mereka resmi ditutup pada 13 November 2006 yang kemudian diakuisisi secara penuh oleh Google. Ketiganya juga mendapatkan keuntungan dari kedua perusahaan yang menjadi investor mereka sebelumnya, yaitu Sequiola dan Artis Capital Management.
Menurut sumber yang ditulis oleh Wikipedia, Chad Hurley mendapatkan bagiannya sebesar 395 juta USD, Steve Chen mendapat 326 juta USD dan Jawed Karim sekitar 64 juta USD.

Sejarah Youtube – Kenyataan Di Balik Youtube

Keberhasilan youtube menjadi salah satu situs dengan jumlah pengunjung terbanyak telah memberinya banyak penghargaan dari situs-situs terkemuka seperti PC World yang memberi gelar 10 Produk terbaik 2006 dan banyak lagi dari situs lainnya.
Sebelum Google membeli youtube, situs youtube sendiri pernah mendeklarasikan bahwa situs tersebut mendapatkan keuntungan dari periklanan yang disebutkan mencapai 15 juta USD / bulan. Beberapa media mengomentari latar belakang dijualnya youtube kepada Google adalah dikarenakan oleh tingginya biaya operasional yang meliputi kapasitas bandwidth dan server hosting yang diperlukan untuk menampung jutaan video yang diupload oleh pengguna.
Dikabarkan biaya operasional yang dikeluarkan per-bulan oleh pemilik sebelumnya mencapai 5 – 6 juta dollar / bulan. Adapun periklanan yang menjadi penghasilan utama dari ketiga founder sebelumnya adalah melalui Google Adsense atau program periklanan yang banyak digeluti oleh pengguna internet untuk mencari uang hingga saat ini.
Kenyataan semenjak situs youtube pertama berdiri hingga saat ini telah membuat youtube menjadi situs video dengan pengunjung terbanyak namun juga disebut-sebut sebagai sumber yang paling tidak memberikan keuntungan bagi Google itu sendiri! Pada bulan Juni 2009, BusinessWeek melaporkan berdasarkan data yang disimpulkan oleh perusahaan konsultan IT RampRate, bahwa situs youtube sangat jauh sekali dari perkiraan akan situs yang berpotensi memberikan keuntungan besar seperti pada saat dimiliki oleh ketiga pemilik sebelumnya yang mampu mengeruk keuntungan hingga belasan juta dollar dalam sebulan dari periklanan Adsense.
Sejarah Youtube - Kantor Sekarang
Hal tersebut dapat dimaklumi mengingat semenjak diakuisisi oleh Google, program Adsense tersebut tidak lagi diletakkan disana mengingat Adsense adalah program periklanan milik Google sendiri. Oleh sumber berita yang sama dari RampRate bahwa youtube telah menghabiskan kerugian sebesar 470 juta USD pada tahun 2009. Tentu saja dari sekian banyak bisnis yang digeluti oleh Google di dunia maya, situs Youtube merupakan anak situs mereka yang paling tidak menguntungkan.
Melirik kenyataan pada saat ini, bahwa untuk memelihara situs tersebut agar tetap hidup bukanlah pengeluaran yang kecil. Mereka harus menyediakan ruang server hosting (harddisk dunia maya) yang ultra besar untuk menampung ratusan juta video dari seluruh dunia!
Namun diperkirakan, strategi Google yang tetap mempertahankan Youtube adalah sebagai salah satu upaya untuk menguasai dunia maya dengan menguasai sebagian besar pengunjung internet secara bersamaan. Bahkan dikabarkan saat ini mereka sedang berupaya untuk mengakuisisi ‘musuh besar’ mereka yaitu Yahoo untuk menaklukkan dunia maya. Anda dapat membaca tulisan sebelumnya Google Berencana Akan Membeli Yahoo.
Demikianlah informasi mengenai Sejarah Youtube & Fakta Dibalik Youtube. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar