Kamis, 20 September 2012

Cara Me-logoff Komputer Dengan File Shortcut

Log off adalah keadaan pada komputer dimana semua kegiatan dialihkan pada halaman standby pada log-on screen. Secara umum, cara untuk melakukan log-off adalah melalui Start Menu > Log-Off . Trik dasar ini berguna apabila anda ingin mengetahui cara beralih ke mode log-off dengan cara yang berbeda.
Terdapat banyak sekali software yang berfungsi untuk mengunci desktop atau komputer anda untuk keperluan sesaat seperti ke toilet, istirahat siang dsb. Anda mungkin tidak suka bila komputer anda di otak-atik oleh orang lain pada saat anda sedang tidak berada dimeja komputer anda untuk beberapa lama. Dalam tulisan ini akan dibahas trik untuk mengunci komputer anda dengan satu kali klik tanpa menggunakan software lock yang banyak terdapat diinternet. Sehingga anda tidak perlu melakukan shutdown setiap kali akan meninggalkan komputer anda.
Langkah-langkahnya adalah:
 Klik kanan pada layar desktop anda  lalu pilih Shortcut
cara-mengunci-komputer
Setelah itu anda akan melihat jendela Create Shortcut seperti gambar dibawah ini:
cara-mengunci-komputer2
Pada kotak isian tersebut, isilah dengan perintah berikut rundll32.exe user32.dll, LockWorkStation. Kemudian lanjut dengan mengklik Next
Pada layar berikutnya berilah nama sesuai keinginan anda misalnya: lock
Setelah Anda klik tombol Next dan akan membuka terbuka jendela lain untuk memberi nama Shortcut sesuai keinginan kita, pada contoh di bawah ini saya memberi dengan nama lock.exe seperti gambar berikut:
cara-mengunci-komputer3
Lanjut dengan menekan Next kembali, lalu Finish
Bila berhasil maka akan tercipta sebuah file bernama lock.exe pada desktop komputer anda. Cara kerja file ini sebenarnya sama dengan menekan tombol berlogo Windows pada keyboard dan L secara bersamaan atau melalui Start Menu > Log-Off. Oleh karena itu ada baiknya sebelum anda menjalankan trik ini, harap agar komputer anda dipasangi dengan password terlebih dahulu melalui Control Panel.
Caranya adalah:
  1. Klik Start > Control Panel
  2. Setelah masuk Control Panel, Klik User Account
  3. Kemudian klik Nama Username anda yang terletak dibawah tulisan or pick an account to change
  4. Lalu klik pilihan Create a Password
  5. Setelah selesai, restart komputer anda baru jalankan langkah-langkah yang ditulis pada awalan tulisan ini.


0 komentar:

Posting Komentar