Kamis, 20 September 2012

Trik Cara Menyembunyikan Isi Teks Notepad

otepad memiliki fungsi yang luas dari sekedar untuk mencatat memo dan catatan. Penjelasan mengenai trik notepad telah banyak dibahas pada tulisan sebelumnya seperti pada:

dan juga beberapa trik notepad lainnya yang dapat anda temukan pada website Ilmu Komputer.
Pada tulisan kali ini akan membahas sebuah trik yang dapat anda gunakan untuk menyembunyikan isi teks notepad sehingga tidak dapat terbaca oleh orang lain. Trik ini dapat berguna bila anda ingin menyembunyikan catatan memo rahasia seperti username / password, data account, ataupun memo rahasia anda. Apa yang terjadi bila orang lain membuka file tersebut? file tersebut hanya tampak selayaknya file kosong biasa yang tidak mempunyai isi. :-)

Cara Menyembunyikan Isi Teks Notepad

Pada umumnya untuk membuat sebuah file notepad adalah melalui klik kanan > New > Text Document. Namun untuk membuat file notepad ‘khusus’ ini anda harus membuatnya melalui command prompt.
  1. Klik Start Menu > Run. Lalu ketikkan CMD dan tekan Enter. Bila anda menggunakan Windows 7 dapat melalui Start > ketikkan cmd pada kotak pencarian lalu tekan Enter pada hasil pencarian yang muncul.
  2. Setelah jendela command prompt terbuka, dengan asumsi akan membuat file notepad khusus ini pada drive D. Maka ketikkan D: lalu tekan Enter
  3. Lalu ketikkan perintah berikut: notepad[spasi][namafile].txt:kodesandi. Contoh: notepad test.txt:0123 setelah itu tekan Enter
  4. Bila benar akan muncul konfirmasi pada layar komputer. Pilih Yes saja
  5. Setelah itu akan terbuka jendela notepad baru (lihat gambar dibawah). Silakan ketikkan pesan / teks rahasia anda seperti data account, password login dsj. Setelah selesai klik File > Save. atau CTRL+S untuk menyimpan.
  6. Setelah selesai, periksalah drive D: pada komputer anda, akan terlihat sebuah file notepad yang baru anda buat tersebut. File tersebut tampak selayaknya file notepad kosong biasa yang tidak mempunyai isi.
Menyembunyikan isi Teks Notepad

Cara Membaca Isi Teks Notepad Tersebut

Untuk membaca / melihat isi teks tersebut adalah kembali melalui jendela command prompt tadi (poin no.1 diatas). Setelah itu kembali ketikkan kode yang anda masukkan sebelumnya untuk membuat file notepad tersebut, yaitu notepad[spasi][namafile].txt:kodesandi atau  notepad test.txt:0123.
Bila anda salah memasukkan kode sandi maka isi teks tersebut tidak akan terlihat selamanya :-) oleh karena itu pastikan agar anda tidak menggunakan kode sandi yang rumit agar dapat mengingatnya atau dapat juga menyimpannya ditempat yang aman secara terpisah.
Demikianlah informasi mengenai Cara Menyembunyikan Isi Teks Notepad. Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar